Home » » Bagaimana Ciri-ciri Kucing Yang Sehat

Bagaimana Ciri-ciri Kucing Yang Sehat

Bagaimana Cara mengetahui Ciri-ciri Kucing Yang Sehat - Bagi teman-teman netter yang mempunyai kucing tentu kepingin mempunyai kucing yang sehat. Dan ternyata mengetahui ciri-ciri kucing yang sehat tidaklah begitu susah, namun kita sebagai pemilik kucing harus mengetahui ini. Jadi pada saat kucing kita dalam kondisi yang tidak normal atau sakit, kita segera mengetahuinya dan langsung di bawa ke dokter hewan terdekat. Ada beberapa parameter yang harus diketahui untuk mengetahui kesehatan kucing yaitu : nafsu makan, suhu tubuh, denyut nadi atau pulsus, frekwensi nafas, kondisi tinja, kondisi bulu dan kulit, perubahan temperamen atau sifat, kondisi mata, mulut dan hidung serta kondisi telinga. Secara umum jika terjadi infeksi oleh bakteri maka yang di perhatikan oleh dokter hewan adalah nafsu makan kucing, suhu tubuh, pulsus, frekwensi nafas dan kondisi tinja. Namun itu bisa berkembang ke pemeriksaan lain seperti pengambilan sample tinja atau darah, hal ini untuk meneguhkan diagnosa dan menyingkirkan diferensial diagnosa.
Baiklah langsung aja saya jelaskan bagaimana ciri-ciri / tanda-tanda kucing yang sehat :
  1. Nafsu Makan Kucing Normal
  2. Nafsu makan kucing dalam keadaan normal artinya tidak ada perubahan, perlu diketahui juga bahwa seperti halnya manusia, ada kucing yang gemar makan ada pula kucing yang tidak hobi makan. Yang dimaksud perubahan nafsu makan disini adalah kucing yang suka makan tadi berubah jadi malas makan. Jadi kita harus mengetahui derajat nafsu makan kita sehari-hari untuk mengetahui perubahan tersebut. Atau jika hari ini ternyata jumlah makanan yang kita beri tidak habis dimakan kucing, itupun termasuk perubahan nafsu makan. Namun nafsu makan ini bukanlah satu-satunya indikasi bahwa kucing tersebut telah sakit, mungkin anda telah merubahan jenis makanan yang biasa dimakannya, sehingga nafsu makannya jadi berkurang.

  3. Suhu Tubuh Kucing Normal
  4. Setiap hewan ataupun manusia mempunyai standar suhu tubuh yang normal, termasuk kucing. Suhu tubuh memang selalu dikaitkan dengan pemeriksaan kesehatan kucing, anjing atau hewan lainnya. Peningkatan suhu tubuh adalah suatu tanda bahwa antibodi di dalam tubuh kucing telah tergertak oleh adanya bakteri yang masuk kedalam tubuh kucing. Jadi sangalah jelas bahwa jika suhu tubuh kucing meningkat maka ada bakteri (ada beberapa virus) yang masuk kedalam tubuh kucing. Suhu tubuh kucing yang normal berkisar antara 37,6o - 39,4o C. Jika suhu tubuh kurang atau lebih dari suhu normal berarti kucing kita telah sakit. Cepat-cepat bawa ke dokter hewan ya.....

  5. Denyut Nadi atau Pulsus Kucing Normal
  6. Denyut nadi pada kucing yang sehat dan normal berkisar antara 76-148 / menit. Denyut nadi ini berhubungan dengan peredaran darah kucing yang meliputi jantung, ginjal, dan pembuluh darah di organ tubuh. Apabila ada hambatan atau penyumbatan di pembuluh darah maka denyut nadi tidak akan normal atau jika cairan plasma darah tidak normal maka denyut nadi juga tidak normal termasuk kelainan jantung dan ginjal.

  7. Frekwensi Nafas Kucing Normal
  8. Kemudian frekwensi nafas kucing pun dapat menjadi indikator kucing sehat atau sakit. Pada kucing yang sakit pneumonia atau radang paru maka frekwensinya akan semakin cepat namun dangkal ini disebabkan organ tubuh kekurangan oksigen sebagai bahan respirasi sel untuk metabolisme sel. Frekwensi nafas kucing yang normal adalah 26-48 / menit.

  9. Kondisi Tinja Kucing Normal
  10. Kondisi tinja pada kucing yang sehat adalah tidak cair dan tidak berdarah. Jika kucing kita diare atau tinjanya berdarah maka itu merupakan tanda-tanda kucing kita sakit. Namun kejadian diare pada kucing tidak selalu dikatakan bahwa kucing telah sakit, contohnya pada saat pergantian jenis makanan atau kejadian alergi pada makanan, kucing pun dapat menjadi diare karena hal tersebut. Tapi jika diare kucing berbau sangat busuk kemudian sampai berdarah maka dapat dipastikan bahwa kucing kita sedang sakit. Sekali lagi... bawa ke dokter hewan ya....

  11. Kondisi Bulu dan Kulit Kucing Normal
  12. Kondisi bulu dan kulit kucing yang normal pasti teman-teman sudah banyak mengetahuinya... seperti bulu tidak rontok, tidak korengan, tidak kurapan dan lain-lain.

  13. Tidak mengalami perubahan temperamen
  14. Kucing yang mengalami perubahan temperamen seperti menjadi ganas, takut terhadap sinar, hypersensitif terhadap sesuatu, atau tidak lagi mengenal tuannya maka hati-hati terhadap kucing tersebut, karena ada indikasi kerusakan pada sistem syaraf yang biasa terjadi pada penyakit rabies. Dan perlu diketahui bahwa penyakit rabies ini dapat menyerang manusia melalui gigitan kucing yang terinfeksi rabies. Jadi sebelum penyakit rabies menyerang kucing kita maka sebaiknya kita vaksin rabies dulu ya... sekali lagi bawalah ke.......... nanti biar kolega-kolega kami yang membantu anda...

  15. Kondisi Mata, Telinga, Mulut dan Hidung Kucing Normal
  16. Kondisi mata, telinga, hidung, dan mulut kucing yang normal pasti teman-teman sudah mengetahui semua. Jadi tidak perlu saya jelaskan panjang lebar.
    Satu lagi tanda-tanda kucing kita sakit yaitu adanya kelemahan umum, tidak mau jalan dan muntah-muntah.
Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengetahui ciri dan tanda kucing yang sehat, semoga bermanfaat.





0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger