Home » » Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing

Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing

Banyak sekali jenis makanan yang beracun dan berbahaya bagi kucing kesayangan kita, untuk itu kita harus mengetahuinya agar kita dapat menjaga kesehatanya dan jangan sekali-kali untuk memberikan makanan beracun dan berbahaya tersebut kepada kucing kita, karena akan berakibat fatal dan dapat menimbulkan kematian. Kita mungkin berfikir bahwa makanan manusia tersebut aman untuk dikonsumsi oleh kucing padahal sebenarnya tidak aman. Berikut adalah jenis makanan yang beracun dan berbahaya bagi kucing kita

Alkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan keracunan, koma, dan kematian pada kucing kita. Alkohol didunia kedokteran berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membunuh kuman, namun jika dikonsumsi akan merusak sel dan syaraf pada tubuh.

Makanan Bayi
Makanan bayi mengandung bawang merah dapat menjadi racun bagi kucing kita jika kucing tersebut mengonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Disamping itu bawang merah dapat juga mengakibatkan kekurangan nutrisi, jika makan dalam jumlah yang besar. 

Tulang Ikan, Unggas atau Tulang dari sumber lain
Tulang ikan, unggas, daging atau sumber lainnya dapat menyebabkan obstruksi atau laserasi dari sistem pencernaan. Ikan Tuna dalam kaleng (untuk konsumsi manusia) juga jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan kekurangan gizi, karena ikan tuna dalam kaleng tersebut tidak memiliki komposisi vitamin dan mineral yang tepat untuk pencernaan kucing. Hal ini juga dapat menyebabkan defisiensi tiamin. 

Coklat, Kopi dan Teh
Coklat, kopi dan  teh atau minuman lain yang mengandung kafein, teobromin, atau teofilin. Minuman Coklat, kopi dan  teh dapat menyebabkan muntah dan diare serta beracun bagi jantung dan sistem saraf pada kucing. Dampaknya bisa menimbulkan kematian pada kucing.

Buah Anggur dan kismis
Buah anggur dan kismis ini mengandung sebuah racun atau toksin yang tidak diketahui jenisnya, namun buah ini yang dapat merusak ginjal. 

Suplemen Vitamin Manusia
Suplemen vitamin manusia yang mengandung zat besi dapat merusak lapisan dari sistem pencernaan serta dapat menjadi racun bagi organ-organ lain pada kucing termasuk hati dan ginjal. 

Kacang Macadamia
Kacang macadamia mengandung sebuah toksin yang tidak diketahui, yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan saraf dan otot pada kucing. 

Marijuana
Marijuana bisa menekan sistem saraf, muntah penyebab, dan perubahan denyut jantung bukan hanya terjadi pada kucing, manusia juga demikian. 

Susu Manusia
Susu dan produk susu lainnya dapat meningkatkan resiko diare baik pada kucing maupun anjing.

Makanan yang Berjamur
Makanan kucing yang berjamur atau rusak makanan bisa menyebabkan racun bagi kucing biasanya ditunjukan dengan gejala muntah dan diare disamping itu jamur pada makanan dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya. Jamur dapat mengandung racun, yang dapat mempengaruhi banyak sistem dalam tubuh, menyebabkan shock, dan mengakibatkan kematian pada kucing. 

Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang merah dan bawang putih (baik itu mentah, dimasak, atau dalam bentuk bubuk) mengandung sulfoxides dan disulfida, yang dapat merusak sel darah merah dan menyebabkan anemia. Kucing lebih rentan dari anjing. Bawang putih kurang beracun dari bawang merah. 

Buah Kesemek
Buah kesemek dapat menyebabkan obstruksi usus dan enteritis.

Telur Mentah
Telur mentah mengandung enzim yang disebut avidin, yang menurunkan penyerapan biotin (vitamin B). Hal ini dapat menyebabkan masalah bulu dan rambut pada kucing. Telur mentah juga bisa mengandung bakteri Salmonella yang berbahaya bagi kucing, bakteri salmonella dapat menyebabkan diare pada kucing maupun anjing. 

Daging Mentah
Daging mentah mengandung bakteri seperti Salmonella dan E. coli, yang dapat menyebabkan muntah dan diare. 

Mengkonsumsi Garam Berlebih
Garam jika dimakan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. 

Makanan Manis atau Gula
Makanan manis bisa menyebabkan obesitas, masalah gigi, dan mungkin diabetes mellitus. 

Tembakau
Tembakau Berisi nikotin, yang mempengaruhi sistem pencernaan dan saraf. Dapat menyebabkan jantung berdetak cepat, kolaps, koma, dan kematian pada kucing. 

Ragi 
Adonan ragi bisa berkembang dan menghasilkan gas dalam sistem pencernaan, menyebabkan nyeri dan obstruksi pada lambung atau usus.

Bagi para cat lover hati-hati terhadap makanan tersebut diatas dan wajib dihindari untuk kucing kita demi kesehatannya.
Demikian Artikel Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing, semoga dapat bermanfaat.





2 komentar:

  1. Sangat berguna sekali gan informasinya makasih mo berbagi...

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum nama saya erika

    Maaf jika mengganggu istirahat anda saya menemukan blog ini sudah malam,silakan dibalas selonggarnya

    Mohon bantuannya
    Saya sudah membaca beberapa pertanyaan sebelumnya dan sepertinya memang permasalahan penyakit kucing saya ada yg sama dg penyakit kucing lain,tapi saya butuh penjelasan yg lbh detail berkaitan dg spesifik beberapa keluhannya

    Jadi kucing (lokal) saya sedari kecil jg sudah terkena sakit mata,belekan jg,sama seperti keluhan diatas,sembuh kambuh sembuh kambuh,hasil dari mencari informasi di internet mengenai cara pengobatannya,akhirnya saya obati dg ruhto,tetapi karna sering kambuh dan saya jg berfikir penggunaan obat tetes mata yg terlalu sering tidaklah baik serta saya kira dg kondisi tubuhnya yg fit akan bisa sembuh sendiri,setelah itu saya sudah tidak pernah mengobatinya lg
    Beberapa minggu yg lalu saya punya kucing baru,kondisi semua kucing saya dirumah tidak dalam kandang,karna blm adaptasi sering terjadi pertengkaran,kucing saya yg sering sakit mata dia yg paling kecil dan cewek sendiri,sekarang kondisi matanya sebelah kanan buram,saya cek memang sudah buta,nah ada beberapa kemungkinan penyebabnya menurut saya
    -apakah terkena cakaran waktu bertengkar(tapi tidak ada luka)
    -karna stress
    -atau karna konjungtivis yg sudah memburuk akibat saya abaikan pengobatannya
    Saya blm tau didaerah saya apakah sudah ada dokter hewan
    Mohon penjelasan pengobatan apa yg mungkin bisa saya lakukan sendiri
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger