Home » » Cara Membuat Urea Molase Block (UMB) Untuk Sapi

Cara Membuat Urea Molase Block (UMB) Untuk Sapi

Cara membuat Urea Molase Block (UMB) untuk ternak sapi dapat dilakukan dengan teknologi yang sederhana dengan bahan baku yang mudah dicari. Oleh karena itu, pakan suplemen ini sangat mungkin dibuat sendiri oleh peternak. Ure Molase Block merupakan pakan suplemen dengan komposisi optimal yang berguna untuk meingkatkan produktivitas ternak dengan cara meningkatkan sintesis protein mikroba didalam rumen sapi, meningkatkan daya cerna pakan, dan meningkatkan konsumsi pakan pada sapi dengan memberikan keseimbangan antara suplai asam amino dan energi untuk tumbuh, bereproduksi dan berproduksi. 
Dari hasil pengukuran parameter fermentasi di dalam rumen, ternyata dapat dirumuskan bahwa komposisi suplemen dalam pakan merupakan pendukung berlangsungnya fungsi rumen agar bekerja secara optimal. Untuk memudahkan penerapan teknologi suplementasi, telah berhasil dikembangkan bentuk suplemen padat untuk sapi dalam bentuk UMB (Urea Molase Block), sehingga para peternak mudah dalam memberikan suplemen tersebut dan mampu tahan lama dalam penyimpanan. UMB sendiri merupakan pakan suplemen yang dikembangkan melalui penelitian perunutan isotop tertentu yang menggunakan urea dan molase.

Peralatan Yang Dipergunakan Untuk Membuat UMB
Beberapa peralatan yang dipergunakan untuk membuat Urea Molase Block adalah Timbangan, Alat Pemanas, Wadah Pencampur dan Pengaduk, dan Alat Pencetak.
Timbangan yang dipergunakan bisa mengunakan timbangan kue kapasitas 2 kg (untuk membuat UMB skala 10 kg), timbangan kodok (untuk membuat UMB skala 25 kg), atau timbangan dacinan (untuk membuat UMB skala besar).
Alat pemanas dipergunakan untuk merekatkan semua bahan, sehingga mudah dipadatkan. Alat pemanas ini bisa berupa kompor minyak, kompor gas atau tungku kayu.
Wadah pencampur yang dipergunakan untuk membuat Urea Molase Block bisa mengunakan panci, ember, kotak kayu atau drum yang ukurannya disesuaikan dengan volume bahan. Sedangkan untuk mengaduk dapat dipergunakan bambu atau kayu.
Untuk alat pencetak UMB dapat dipergunakan panci, wajan, paralon yang berdiameter 4-8 cm dengan panjang 10-15 cm, bambu atau kotak kayu.

Bahan Baku Urea Molase Block (UMB)
Bahan baku untuk membuat UMB berbeda-beda, namun secara umum bahan yang dipergunakan adalah molase/tetes tebu, onggok, dedak, tepung kedelai, kedelai giling, tepung daun singkong, polard, tepung tulang, lakta mineral, kapur, garam dapur, urea, bungkil biji kapuk dan bungkil kedelai.

Formula Urea Molase Block (UMB)
Pada tahun 1987 BATAN memperkenalkan hasil penelitiannya tentang UMB dengan menurunkan 3 formula yaitu :

Formula 1.
Jenis Bahan Urea Molase Block :
Molase : 3,3 kg
Membuat Urea Molase Block / UMB
Onggok : 0,8 kg
Dedak : 1,8 kg
Tepung Kedelai : 1,3 kg
Tepung Tulang : 0,6 kg

Kapur : 0,9 kg
Lakta Mineral : 0,125 kg
Garam Dapur : 0,75 kg
Urea : 0,42 kg

Formula 2.
Jenis Bahan Urea Molase Block :
Molase : 3,9 kg
Onggok : 0,5 kg
Dedak : 1,35 kg

Tepung Tulang : 0,6 kg
Tepung daun singkong kering : 1,45 kg
Kapur : 0,9 kg
Lakta Mineral : 0,125 kg
Garam Dapur : 0,75 kg
Urea : 0,42 kg

Formula 3
Jenis Bahan Urea Molase Block :
Molase : 2,925 kg
Tepung Tulang : 0,49 kg

Kapur : 0,65 kg
Lakta Mineral : 0,085 kg
Garam Dapur : 0,39 kg
Urea : 0,26 kg
Polard : 2,295 kg
Bungkil Biji Kapuk : 2,275 kg

Formula Plus dapat dilakukan dengan penambahan obat anthelminthicum yaitu obat cacing bisa mengunakan tetramisol atau albendazole sebanyak 0,2 kg per 10 kg campuran UMB.

Cara Pembuatan Urea Molase Block (UMB)


Pembuatan UMB/ Urea Molase Block dimulai dari pencampuran bahan, pengadukan, pemanasan, pencetakan sampai pengemasan. Rangkaian proses pembuatan UMB tergantung pada formula yang dipergunakan dan tujuan pemeliharaan. Namun, secara garis besar, proses pembuatan UMB dapat dibedakan menjadi 3 cara yaitu dingin, hangat dan panas.
Secara umum pembuatan Urea Molase Block adalah sebagai berikut :
  • Bahan baku UMB ditimbang sesuai dengan komposisi
  • Bahan yang berbentuk padat/kering dicampur dimulai dari yang jumlahnya paling sedikit, lalu ditambahkan ke bahan yang lebih besar sambil diaduk sampai merata.
  • Setelah itu tambahkan bahan yang cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sehingga terjadi gumpalan-gumpalan.
  • Semuan campuran tadi dipanaskan sambil terus diaduk, agar merata panasnya. Lamanya pemanasan tergantung dari cara yang dipilih, untuk cara dingin tidak perlu dipanaskan, untuk cara hangat dipanaskan selama 3-4 menit dengan suhu tidak lebih dari 40 0 C, sedang cara panas, dipanaskan selama 20 menit dengan suhu 100 0C.
  • Adonan UMB didinginkan dengan meletakkan adonan pada suhu kamar
  • Adonan dicetak dengan alat cetak sampai padat agar tidak mudah berjamur atau busuk.
  • Hasil cetakan dikemas dengan plastik bening untuk memudahkan pengontrolan mutu UMB. Pakan suplemen ini tahan sampai 3-6 bulan.
Demikian cara membuat urea molase block atau yang sering disebut UMB untuk pakan tambahan/suplemen sapi, semoga dapat bermanfaat.




0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger