Home » , » Pengobatan Hairball Pada Kucing

Pengobatan Hairball Pada Kucing

Hairball_Bola Bulu Kucing
Hairball / Bola Bulu Kucing
Hairball pada kucing merupakan suatu keadaan dimana adanya bulu-bulu kucing berbentuk bola di dalam lambung atau di usus perut kucing. Seperti kita ketahui bahwa bulu kucing tidak dapat tercerna oleh usus, sehingga jika kucing menelan bulu karena seringnya menjilati bulunya sendiri maka lambat laun akan menumpuk di dalam perut. Kondisi ini adalah wajar dan tidak masalah jika dalam jumlah yang kecil, namun akan menimbulkan masalah jika dalam jumlah yang banyak dan bola bulu dalam perut kucing membesar akibat adanya akumulasi masuknya bulu ke dalam usus/lambung kucing.
Biasanya, sebagian besar rambut yang tertelan oleh kucing akan dikeluarkan melalui sistem pencernaan kucing dalam tinja nya. Masalah akan terjadi ketika bulu-bulu tersebut tidak bisa diekskresikan/dikeluarkan dan mengumpul/menumpuk di perut atau usus kucing kemudian bulu-bulu tersebut membentuk bola padat dan menyebabkan obstruksi di perut. Yang terjadi kemudian kucing akan mencoba memuntahkan Bola Bulu tersebut keluar dari perut.
Tanda-tanda klinis hairballs pada kucing lebih sering dikaitkan dengan sistem pencernaan seperti kucing mengalami muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, dan terjadinya sembelit. Kejadian Hairballs sendiri tidak menyebabkan gejala-gejala pernapasan pada kucing, sehingga tidak muncul gejala sesak nafas ataupun batuk pada kucing penderita hairball. Sebagian besar kejadian impaksi pada kucing adalah akibat adanya benda asing yang terjebak di dalam usus kucing disebabkan oleh bulu kucing yang berbentuk bola padat.
Tanda-tanda lain pada kasus hairball yang parah adalah perut kucing membesar, tidak bisa buang air besar atau bisa juga terjadi diare, muntah-muntah, nafsu makan kucing menurun.
Pengobatan yang sering dilakukan adalah memberikan produk-produk yang bekerja untuk membersihkan dan mengeluarkan bulu-bulu tersebut dari perut kucing. Obat tersebut berfungsi sebagai pelumas sehingga bulu dalam perut kucing mudah keluar melalui tinja. Contoh obat untuk hairball pada kucing adalah Laxaton ataupun catlax. Namun jika bola bulu di dalam perut kucing sangat besar maka tindakan operasi merupakan salah satu pilihan dalam mengatasi hairball tersebut.
Sebelum terjadi hairball pada kucing ada baiknya kita mencegah kajadian tersebut. Ada beberapa langkah pencegahan agar tidak terjadi hairball pada kucing diantaranya adalah :
  • Sering-seringlah menyisir bulu kucing, sehingga bulu yang longgar dan rontok dapat dihilangkan dari tubuh kucing.
  • Ada baiknya mengelap bulu kucing dengan lap basah
  • Mengunakan produk yang dapat mengeluarkan bulu dari dalam perut kucing, contohnya laxative, laxaton, catlax dll. 
Gunakan produk-produk yang dijual  di pasaran yang dapat membantu kucing untuk mengatasi hairball biasanya terdiri minyak yang tidak tercerna oleh usus kucing namun produk tersebut aman untuk digunakan dan tidak menimbulkan masalah di perut kucing. Produk tersebut bekerja sebagai pelumas di saluran pencernaan kucing untuk membantu agar bulu mudah keluar dari perut kucing. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka bola bulu tidak pernah terbentuk.
Kami tidak menyarankan Anda menggunakan produk buatan sendiri yang mengandung mentega atau minyak, karena hal tersebut bisa membawa masalah pencernaan lain atau diserap oleh sistem pencernaan kucing. 
Diet tinggi serat atau suplemen serat juga dapat membantu dengan masalah hairball kronis. Serat dapat membantu mengeluarkan bulu berlebih melalui sistem pencernaan kucing dan akan dikeluarkan melalui tinja. Apapun produk yang Anda pilih, menggunakannya secara teratur, sesuai dengan rekomendasi pabrikan, untuk mencegah terulangnya hairball.
Demikian semoga dapat bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger