Home » » Mengobati Pincang Pada Sapi

Mengobati Pincang Pada Sapi

Mengobati Pincang Pada Sapi | Penyakit Hewan. Sapi merupakan hewan yang sangat berat, mampu mencapai 800 kg sampai 1 ton lebih jika dewasa. Akan menjadi masalah, jika berat tubuh sapi tersebut ditopang dengan kaki yang pincang. Sebagian besar pincang pada sapi sering disebabkan oleh radang sendi kaki atau yang sering disebut artritis. Kaki yang pincang, sering dijumpai pada sapi penggemukan dengan lantai beton atau lantai yang disemen.  
Ada 2 penyebab utama terjadinya artritis yaitu berat tubuh dan kerasnya lantai. Semakin berat tubuh maka akan semakin besar resiko sapi terkena artritis, demikian juga dengan semakin kerasnya lantai maka semakin besar pula sapi terkena pincang karena artritis. Disamping itu, pincang pada sapi akan bertambah parah jika terjadi adanya infeksi bakteri.

Bagaimana Cara Mendiagnosa Pincang Pada Sapi 
Cara mudah untuk mengetahui kepincangan pada sapi adalah dengan cara membawa atau menuntun sapi berjalan, baik jalan maju atau memutar ke kanan atau ke kiri. Selain itu cara berdiri kaki yang pincang tidak akan ditumpukan di lantai dalam waktu yang lama dan cenderung selalu diangkat, hal ini dikarenakan sapi merasa sakit pada kaki yang pincang tersebut.

Cara Menangani dan Mengobati Sapi Yang Pincang
Ada dua hal yang perlu dilakukan untuk menangani dan mengobati sapi yang pincang yaitu :

  1. Meletakkan sapi di tempat yang berlantai empuk, bisa di tanah, menggunakan alas papan kayu, karpet sapi atau mengunakan alas yang empuk lainnya.
  2. Untuk obat yang sering digunakan adalah antibiotik jenis penstrep, viatmin B-komplek dan dexametason sebagai obat anti radang.
Dua cara tersebut tidak bisa berdiri sendiri, harus dilakukan secara bersamaan sehingga pengobatan sapi pincang akan cepat sembuh.
Demikian cara mengobati sapi yang pincang akibat arhtritis, semoga dapat bermanfaat,



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger