Home » » Cara Membaca Label Makanan Kucing

Cara Membaca Label Makanan Kucing

Ada beberapa pertimbangan jika kita memilih makanan kucing yang baik, namun sebelum itu kita harus mengetahui bagaimana cara membaca dan meilhat label makanan kucing tersebut. Pertama adalah harga, biasanya kita akan memilih makanan kucing yang murah. Tahukah anda bahwa harga berkorelasi dengan kandungan gizi dalam makanan kucing itu, semakin murah harga pakan kucing maka kandungan gizi baik itu protein, karbohidrat, asam amino, dan mineral akan semakin sedikit. Namun jika harga pakan mahal maka kwalitasnyapun cukup terjamin. Biasanya harga pakan selalu dihubungkan dengan kadar protein, karena protein inilah yang paling mahal diantara yang lain.
Biasanya pakan pabrikan dalam tahap promosi akan membuat pakan yang berkwalitas dan dengan harga yang murah, sehingga para peternak akan tertarik untuk mencoba dan memakainya.
Kemudian yang kedua adalah kwalitas pakan kucing, kualitas pakan kucing bisa kita lihat pada label pakan tersebut. Didalam label makanan kucing tersebut ada persentase bahan kering,  analisis pakan ( terdiri dari kadar potein, lemak, serat, kelembaban), serta komposisi isi bahan makanan kucing.

Bahan Kering Dalam Makanan Kucing
Namanya bahan kering, tentu yang diukur adalah kadar air dalam pakan kucing tersebut. Pada makanan kaleng untuk kucing dengan kadar kelembaban 80 % dan kadar keringnya adalah 20 %, ini berarti bahwa 20 % adalah makanan murni sedangkan 80 % air. Sehingga jika kita mau hitung-hitungan, uang yang kita keluarkan hanya mendapatkan 20 % saja. Coba bandingkan dengan makanan kering untuk kucing dengan kelembaban makanannya 10 % dan kadar keringnya adalah 90 %, ini berarti kita mendapatkan makanan murninya 90 %. Tapi coba kita analisis lebih lanjut dengan melihat label kandungan protein pakan kucing tersebut. Didalam label makanan kering kucing tertulis kadar protein 20 % didalam 100 % makanan tersebut. Berarti jika kadar bahan kering 90 % maka kita mendapatkan protein makanan sekitar 22 %. 
Sekarang mari kita bandingkan dengan makanan kaleng yang memiliki kelembaban 80%. Kita tahu bahwa dengan kelembaban 80%, kita memiliki bahan kering 20%. Label makanan kucing menunjukkan bahwa kandungan protein sebesar 5%. Jadi kita mengambil 5% dan membaginya dengan 20% dan kita mendapatkan protein 25% atas dasar bahan kering. Jadi makanan kaleng memiliki lebih banyak protein per kg atas dasar bahan kering setelah semua air diambil keluar. Kita bisa melakukan hal yang sama untuk lemak, serat, dll

Analisis Pakan Pabrikan Kucing
Di dalam label makanan kucing tertera berapa kandungan protein, lemak, serat dan kelembaban. Yang paling umum kandungan protein pada makanan pabrikan untuk kucing adalah sekitar 10 %, kemudian lemak 6,5 %, serat kasar 2,4 % dan kelembaban 68 %. Perlu diketahui bahwa protein dan lemak yang tinggi di dalam makanan belum tentu tercerna semua, itu tergantung dari mana sumber protein tersebut. Semakin banyak jenis sumber sumber makanan untuk menyusun ransum maka ransum makanan tersebut akan komplit dan lengkap.

Komposisi Daftar Makanan Pabrikan Untuk Kucing
Perusahaan pembuat pakan harus mencantumkan daftar komposisi bahan asal pakan tersebut beserta beratnya. Biasanya makanan tersebut terdiri dari daging (sapi, ayam, kambing, domba, kalkun dll) termasuk jeroan ( jantung, limpa, ginjal, paru-paru dll), produk unggas (termasuk kaki ayam, tulang ayam, usus, jantung dll), tepung ikan, jagung, beras putih, beras merah, soybean meal, BHA ( Butylated Hidroksianisol) pengawet lemak, enthoxyquin (pengawet kimia), tocopherol ( bisa mengunakan vitamin E). Tocopherol merupakan pengawet alami yang sering digunakan untuk mencegah pembusukan.
Demikian cara membaca dan melihat label makanan kucing yang baik, semoga ini dapat bermanfaat.



1 komentar:

  1. Selamat malam pak Dokter sy Ibu vera , baru saja saya melihat anjing saya berjalan pincang setelah saya Check ada Benjolan di dekat Kuku di kaki sebelah kiri kalau saya pegang dia merasa kesakitan Mohon petunjuk Pak Dokter apa yang harus saya lakukan utk pengobatan nya salep atau adakah sejenis nya utk menghilangkan rasa sakit nya terimakasih pak Dokter

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger