Home » » Perbedaan Makanan Kucing dan Anjing

Perbedaan Makanan Kucing dan Anjing

Mungkin ada beberapa teman cat lover yang belum mengetahui bahwa makanan anjing tidak boleh diberikan pada kucing atau mungkin ada juga yang bertanya apakah / mengapa makanan anjing tidak boleh diberikan pada kucing ? Ada perbedaan mendasar antara makanan untuk kucing dan makanan untuk anjing. Perbedaan ini digunakan pabrik pembuat makanan pet animal sebagai acuan memformulasikan pakan untuk kucing. Ada perbedaan yang signifikan antara kebutuhan gizi kucing dengan anjing. Sebagai contoh adalah :
    makanan anjing untuk kucing
  • Kucing memerlukan protein yang lebih tinggi dari anjing. Protein yang dibutuhkan kucing dalam makanannya (dry food) minimal 26 % sedangkan untuk anjing 22 %. Kucing mampu mengubah kelebihan protein menjadi energi untuk tubuhnya. Tapi anjing jika kelebihan protein bisa menyebabkan gatal-gatal dan alergi bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal sebagai filter darah.
  • Makanan kucing harus memiliki asam amino yang bernama taurin, sedangkan bagi anjing tidak perlu asam amino taurin dalam pakannya karena tubuh anjing mampu memproduksi taurin sendiri. Fungsi asam amino taurin adalah untuk membantu mencerna lemak dan bersama-sama dengan mineral Zink berguna untuk menjaga kesehatan mata dan retina. Jika makanan kucing tidak mengandung asam amino taurin maka akan menyebabkan penyakit jantung yang sangat parah dan bisa menyebabkan kerusakan retina mata pada kucing tersebut. Ini merupakan salah satu faktor penyebab kucing menjadi buta sehingga tidak bisa melihat. Kebutuhan taurin untuk kucing sebenarnya tidaklah terlalu banyak, hanya 0,1 %, namun ini merupakan asam amino yang sangat esensial atau asam amino yang paling dibutuhkan oleh kucing. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa makanan kucing harus mengandung taurin.
  • Kucing tidak bisa mengunakan beta karoten sebagai sumber vitamin A, sedangkan anjing bisa mengunakan beta karoten tersebut. Sumber Vitamin A untuk kucing sangat berbeda dengan sumber vitamin A untuk anjing. Untuk kucing vitamin A nya bersumber dari retinil palmitat, yang biasa terdapat pada daging sapi, daging ayam, hati ayam, susu, ikan dll. 
  • Kucing tidak bisa memproduksi asam lemak arachidonic acid, sehingga dalam pakan kucing harus menggandung asam lemak tersebut. Sedangkan untuk anjing, asam lemak arachidonic acid tidak dibutuhkan dalam makanan anjing.
Dengan dasar tersebut diatas, jika kita memberikan makanan anjing kepada kucing maka yang terjadi adalah banyak kebutuhan nilai gizi dan nutrisi yang kurang dan tidak terpenuhi untuk kebutuhan tubuh kucing. Ini akan menyebabkan masalah kesehatan bagi kucing kita. Kita tahu bahwa ketidakseimbangan pemberian nutrisi termasuk kekurangan salah satu asupan nilai gizi akan menyebabkan sakit pada kucing kita. Untuk itu berilah makanan yang berkwalitas kepada kucing kita, sehingga unsur gizi yang dibutuhkan tubuh kucing terpenuhi dengan baik, lengkap dan cukup.
Demikian dasar perbedaan makanan kucing dengan makanan anjing. Semoga dapat bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger