Home » » Memilih Makanan Terbaik Untuk Kucing

Memilih Makanan Terbaik Untuk Kucing

Bagaimana Memilih Makanan Terbaik Untuk Kucing | Penyakit Hewan. Sebagai pemilik kucing, kita semua ingin menjaga hewan peliharaan kita sehat seperti yang kita inginkan selama mungkin kalau bisa seumur hidupnya. Sebagian besar dari kita menyadari bahwa makanan yang berkualitas tinggi adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan kucing. Namun, menemukan dan memilih makanan terbaik untuk kucing dapat membingungkan. Pilihan tampaknya tak berujung karena adanya perbedaan pendapat tentang bagaimana cara terbaik untuk memberi makan kucing.

Apa yang yang harus dilakukan untuk memilih makanan kucing terbaik?

Mulailah dengan melihat nama makanan kucing berserta komposisinya, jika makanan tersebut mengandung bahan tunggal, maka harus mengandung setidaknya 95% dari bahan murni, bukan termasuk air. Demikian juga, jika mengandung bahan makanan kombinasi, maka kombinasi makanan tersebut harus terdiri dari paling sedikit 95% dari makanan. Misalnya, jika makanan kucing merk A mengaku terbuat dari daging sapi, maka daging sapi harus ada sedikitnya 95% dari makananan kucing tsb. Jika merk yg lain mengklaim terbuat dari daging kalkun dan daging sapi, maka makanan kucing tersebut harus terdiri dari 95% daging kalkun dan daging sapi yang dikombinasikan.

Makanan kucing dengan frasa deskriptif dalam nama mereka harus mengandung setidaknya 25% dari bahan bernama. Produk-produk yang membawa nama yang menyatakan "dengan" bahan tertentu (seperti "dengan keju") hanya perlu mengandung 3% dari bahan bernama. Produk yang menyertakan "rasa" (seperti "rasa ayam" atau "rasa daging sapi") hanya berisi dalam jumlah yg sangat kecil.

Pemeriksaan Protein Makanan Hewan Selanjutnya, lihatlah daftar bahan. Perlu diingat bahwa bahan-bahan yang tercantum menunjukan berat per tiap bahannya. Bahan-bahan yang mengandung banyak air (seperti daging sapi, unggas, ayam, atau ikan) cenderung berada di atas daftar karena adanya kadar air. Bahan yg di bawah daftar biasanya menunjukan nutrisi seperti protein.

Semua makanan kucing harus memiliki beberapa sumber protein hewani dan lemak. Kucing adalah karnivora obligat dan memerlukan nutrisi seperti taurin dan asam arakidonat yang harus ada dalam makanannya. Nutrisi ini (taurin dan asam arakidonat) hanya ada dalam sumber hewani dan tidak ditemukan dalam sumber-sumber makanan nabati. Sumber hewani tersebut dapat berupa daging sapi, unggas, ayam, kalkun, ikan atau daging lainnya.

Pertimbangkan Bahan Biji-bijian Untuk Makanan Kucing

Beberapa ahli nutrisi makanan hewan banyak berdebat tentang makanan kucing yang menggunakan biji-bijian. Biji-bijian yang ada di dalam makanan berguna sebagai sumber karbohidrat. Kucing dapat dengan mudah metabolisme karbohidrat ini dan menggunakannya sebagai sumber energi. Namun, beberapa orang lebih memilih untuk menghindari biji-bijian dalam makanan kucing mereka. Bahkan, beberapa ahli percaya bahwa kucing harus memakan protein yang tinggi dan rendah karbohidrat untuk menjaga kesehatannya, meskipun ini adalah subjek yang kontroversial dan tidak semuanya setuju dan sependapat. Jika memang itu yang menjadi masalah, maka biji-bijian dapat digantikan dengan sumber karbohidrat lain seperti kentang.

Mencoba Makanan Kaleng atau Makanan Kering

Perbedaan lain dari para ahli nutrisi adalah makanan kaleng dan makanan kering. Beberapa ahli percaya bahwa kucing makan makanan kaleng lebih sehat daripada kucing makan makanan kering. Yang lainnya berpendapat bahwa makanan kaleng dengan makanan kering sama bagusnya untuk kucing, sehingga pemilik kucing dapat memilih salah satunya sesuai keinginannya.

Periksalah pernyataan kecukupan gizi dalam makanan kucing. Pernyataan ini menunjukkan bahwa makanan kucing ini lengkap dan seimbang untuk semua umur atau makanan ini lengkap dan seimbang untuk kucing dewasa atau bisa juga makanan ini lengkap dan seimbang untuk pertumbuhan dan reproduksi. Kita tinggal pilih sesuai dengan umur dan kondisi kucing kita.
Memilih makanan yang seimbang agar sesuai dengan tahap kehidupan kucing Anda adalah penting. Kittens memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari kucing dewasa. Jadi pilihlah makanan kucing yang sesuai untuk kucing kita, baik itu dari segi umur, kondisi maupun keadaan berat badan termasuk perawatan dari sakit pada kucing kita.

Menganalisis Nutrisi Kucing

Sebuah analisis nutrisi pada makanan kucing biasanya yang dilihat adalah daftar jumlah minimal presentase protein dan kadar lemak serta jumlah persentase maksimum serat dan kelembaban. Ketika membandingkan antara dua makanan kucing peliharaan yang berbeda, analisis yang lebih akurat adalah jika dikonversikan ke basis bahan kering. Jika tidak, maka kadar air dapat secara signifikan mempengaruhi perbandingan kadar zat makanan tersebut. 
Akan lebih baik lagi jika anda menanyakan pada saat pemeriksaan kesehatan kucing kepada dokter hewan Anda untuk melakukan analisis kondisi tubuh untuk kucing, tanyakan tentang makanan apa yg sekiranya cocok untuk kondisi kucing anda. 
Menentukan kondisi tubuh kucing adalah cara terbaik untuk menentukan jenis makanan, sehingga makanan kucing yang gemuk atau kelebihan berat badan akan dianjurkan makanan yang berbeda dengan kucing yang memiliki berat badan ideal ataupun makanan dengan berat kucing yg terlalu kurus. Untuk menentukan kucing itu kurus atau tidak, dapat dilihat pada saat perabaan pada tulang rusuk kucing. Jika tulang rusuk itu tidak terasa maka kucing anda termasuk kucing yang gemuk, demikian juga sebaliknya, jika tulang rusuk kucing teraba dan terlihat menonjol maka kucing anda termasuk kucing yang kurus. 
Jika Anda menemukan penyimpang terlalu jauh dari pedoman label makanan kucing, maka periksakanlah ke dokter hewan Anda. Ada kemungkinan bahwa makanan yang Anda pilih tidak sesuai untuk situasi individu kucing Anda. Beberapa kucing mungkin memerlukan makanan khusus untuk membantu mereka menurunkan berat badan.
Demikian cara memilih makanan kucing yang sesuai untuk kucing kita, semoga ini dapat bermanfaat.



1 komentar:

  1. slamat malam dok..
    wah saya nemuin blog-nya telat beberapa minggu..
    bulan kmrn kucing saya jenis persia mati,kata dokter kena gagal ginjal..
    apakah benar penyebab utama gagal ginjal itu dari makanan? sblm di diagnosa makanannya di jadi wishkas eceran yg di beli di petshop..
    trus makanan yg baik buat kucing itu yg gimana? soalnya si kucing ninggalin 3 baby mpuss yg masih umur 5 minggu nih dok.. takut kjadian lg salah beli makanan

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger