Home » » Penyakit Avian Encephalomyelitis Pada Ayam

Penyakit Avian Encephalomyelitis Pada Ayam

Penyakit Avian Encephalomyelitis Pada Ayam | Penyakit Hewan. Penyakit pada ayam ini merupakan penyakit yang sangat menular dengan gejala klinis munculnya ataksi dan tremor pada kepala serta leher. Tremor adalah suatu bentuk gejala yang menunjukan keadaan kejang ringan atau gemetar. Penyakit ini biasa menyerang pada ayam muda dibawah 1 bulan, sedangkan penyebabnya adalah sejenis virus yang bernama enterovirus dari famili Picornaviridae.

Jika kita membuka atau bedah bangkai pada ayam yang sudah mati akibat penyakit avian encephalomyelitis ini, maka kita akan menemukan adanya keputihan pada lapisan otot dinding ventrikulus. 
Angka morbiditas penyakit pada ayam ini sekitar 40-60 %, dengan tingkat kematian penderita dapat mencapai 25 %. Kemudian penyakit ini dapat menular secara vertikal dari induk ayam ke anaknya melalui telur atau bisa juga menular secara horizontal, yaitu melalui peralatan dan bahan yang tercemar oleh virus ayam tersebut.

Penyakit ini sering dikelirukan dengan penyakit Newcastel Disease, Marek's Disease dan Encephalomalacia kerena defisiensi vitamin E. Untuk membedakannya maka diperlukan uji laboratorium melalui uji serologi dan pemeriksaan histopatologi.

Untuk pengobatan penyakit ini sampai saat ini tidak membuahkan hasil yang baik, atau boleh di katakan tidak ada obat yang efektif untuk jenis penyakit virus pada ayam ini.

Karena penyakit ini tidak dapat diobati maka tindakan pencegahan dan pengendalian yang harus dilakukan adalah ayam penderita harus dipisahkan dari ayam yang sehat atau dimusnahkan dengan cara dikubur atau dibakar, kandang dan peralatan yang tercemar harus disuci hamakan dengan mengunakan desinfektan, dan cara terakhir yang sering digunakan adalah melalukan vaksinasi terhadap penyakit avian encephalomyelitis.
Jika kita akan memastikan dengan uji laboratorium  melalui pemeriksaan histopatologi maka yang diperlukan adalah otak ayam, pangkreas dan duodenum yang di letakkan di dalam formalin 10 %. Sedangkan untuk uji serologis, yang perlu dibawa adalah serum dari ayam penderita tersebut.
Demikian semoga dapat bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger