Home » » Penyakit Berak Darah Pada Ayam

Penyakit Berak Darah Pada Ayam

Penyakit Berak Darah Pada Ayam | Penyakit Hewan. Penyakit ini sering menyerang pada ayam petelur dalam tahap grower, namun demikian berak darah juga dapat terjadi pada ayam kampung maupun jenis ayam yang lain. 
Penyakit berak darah ini juga disebut dengan coccidiosis yang disebabkan oleh jenis protozoa dari famili Eimeriidae. Pada ayam penyebabnya adalah Eimeria tenela, E. necatrix, E. maxima, E. acervulina, E. brunetti, E. mitis, E. praecox, E. mivati dan E. gallinae.

Gejala Coccidiosis Pada Ayam adalah :
  • Adanya berak darah ( merupakan ciri khas ) pada ayam yang muncul pada hari ke 4 - 5 pasca infeksi.
  • Berat badan ayam menurun, menjadi kurus dan nampak pucat.
  • Pada ayam petelur, merupakan salah satu penyebab turunnya produksi telur.
  • Bulu ayam menjadi kusam, dan sering kotor oleh tinja bercampur darah, terutama didaerah sekitar anus.
  • Kematian biasanya dapat terjadi pada hari ke 4 sampai hari ke 6 pasca infeksi.

Angka morbiditas atau angka tingkat kesakitan mencapai 80 - 90 %, demikian juga dengan tingkat mortalitas mencapai 80-90 %. Protozoa penyebab coccidiosis ini menyerang mukosa usus, tunika propia dan submukosa usus halus, caecum atau colon. Sehingga pada saat bedah bangkai pada daerah usus halus dan caecum akan mengalami pendarahan berwarna merah darah. Kemudian umur ayam yang sangat peka adalah umur 4-5 minggu, dan menular secara oral dengan termakannya ookiste yang telah mengalami sporulasi. Pada ayam yang terinfeksi lalu sembuh dari penyakit ayam ini, akan bertindak sebagai hewan karier, karena ia akan mengeluarkan ookiste melalui tinja.

Pengobatan Berak darah pada ayam yang disebabkan oleh coccidia adalah menggunakan antibiotik preparat sulfa, contohnya : furazolidone, sulfonamide, pyrimethamin, sulfaquinoksaline dll, dengan metode pengobatan 3 hari pengobatan, 2 hari berhenti dan dilanjutkan lagi 3 hari pengobatan.
Untuk pencegahan penyakit berak darah ini, dapat dilakukan dengan pemberian coccidiostat pada pakan ayam dan menjaga sanistasi kandang dan lingkungan sekitarnya.
Demikian mengenai penyakit berak darah pada ayam kampung, bangkok, petelur, potong / broiler atau ayam kate.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger