Home » , » Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Cara Mengobati Luka Pada Kucing | Penyakit Hewan. Pada saat kucing terluka baik itu disebabkan oleh perkelahian, tersayat benda tajam, tersiram air panas, terkena zat kimia korosif seperti air accu dsbnya, maka yang harus dilakukan adalah merawat luka tersebut agar tidak menjadi bernanah atau bahkan bisa sebagai pintu masuk penyakit pada kucing kita. Banyak sekali jenis penyakit yang bisa masuk melalui luka seperti clostidium tetani, antraks, dll.

Merawat dan mengobati luka kucing pada dasarnya sama dengan merawat luka pada manusia dan obat yang digunakannya juga bisa sama. Secara garis besar luka dibedakan menjadi 2 yaitu luka lama dan luka baru. Melihat sejarah luka lama yang telah menjadi nanah berarti luka tersebut telah terjadi infeksi bakteri sehingga proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang agak lama dan telaten, berikut caranya :

Cara Mengobati Luka Yang Bernanah Pada Kucing
  • Langkah pertama adalah mengunting bulu yang ada disekitar lokasi luka, lalu bersihkan luka pada kucing dengan kapas yang telah dicelupkan atau dibasahi dengan air hangat yang bersih plus rivanol. Jika luka tersebut telah menjadi nanah, maka keluarkan materi cairan nanah tersebut dari luka dan bersihkan dengan mengunakan kapas yang dibasahi air hangat.
  • Lalu bersihkan lagi dengan menggunakan alkohol 70 % memakai kapas,
  • Langkah selanjutnya adalah pemberian antibiotik, kita bisa mengunakan penstrep, oksitetraciklin atau antibiotik jenis sulfa, contoh merk obatnya adalah Limoxin-25 Spray. Oleskan, semprot dengan antibiotik tersebut pada daerah luka pada kucing tersebut.
  • Setelah pemberian antibiotik selesai dilakukan maka selanjutnya berilah betadine atau yodium tinktur pada luka dengan maksud untuk mengikat agar antibiotik tetap menempel pada luka, disamping itu betadine berfungsi sebagi antiseptik yang baik untuk luka luar.
  • Balutlah dengan perban pada luka dengan mengunakan kapas dan kain kasa untuk mengindari invansi lalat. Atau jika anda mempunyai obat gusanex, maka semprotkanlah pada daerah sekitar luka.
  • Pemberian antibiotik secara injeksi dan anti radang perlu dilakukan jika luka menjadi sepsis dengan ciri suhu tubuh meningkat dan nafsu makan menurun, jika tidak menunjukkan hal tersebut antibiotik via injeksi tidak perlu dilakukan.
Cara Mengobati Luka Pendarahan dan Baru Pada Kucing
Sedangkan untuk luka yang baru pada prinsipnya hampir sama, hanya jika terjadi pendarahan yang hebat maka yang pelu kita lakukan pertama kali adalah menghentikan pendarahan tersebut dengan menekan pembuluh darah diatasnya, lalu berikan vitamin K untuk mempercepat pembekuan darah. Pengontrolan luka sebaiknya dilakukan setiap hari untuk mengetahui perkembangan luka tersebut. Dan sebaiknya kucing jangan bermain di tempat yang lembab dan basah, akan lebih jika diisolasi di dalam kandang.

CATATAN PENTING:
Pengobatan luka ini berlaku jika anda merasa yakin bahwa kucing terluka karena benda tajam, tetapi jika disebabkan karena berkelahi maka sebaiknya di bawa ke dokter hewan untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit rabies dan penyakit-penyakit lain yang bersifat zoonosis.

Demikian cara merawat dan mengobati kucing yang luka, semoga bermanfaat.



1 komentar:

  1. malam dok saya wulan darimedan. saya punya kucing umur 1 thn 1 bln (jantan),,problemnya setiap saya lepas keluar rumah, kucing saya sering dikawinkan kucing jantan juga dok sehingga sering trjdi pendarahan hebat,(darah sering keluar sampai berhari2). sampai tidak mau makan,tidak BAB,tidak buang air kecil,lemas. saya kasihan dok sampai saya kasih amoxcisillin 500 gram 1/4 (saya rasa untuk mencegah infeksi).saya mohon pencerahan nya dok tks email ; wulanhandayani22@ymail.com

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger