Home » , » Syarat dan Jadwal Vaksin Untuk Anjing

Syarat dan Jadwal Vaksin Untuk Anjing

Syarat dan Jadwal Vaksin Untuk Anjing | Penyakit Hewan. Vaksin merupakan suatu zat yang diperoleh dari bibit penyakit yang dilemahkan dengan metode tertentu. Vaksin sering ditujukan pada penyakit yang disebabkan oleh virus, walaupun dewasa ini ada beberapa jenis bakteri yang di gunakan untuk vaksin. 
Pada anjing ada beberapa vaksin yang harus di suntikan diantaranya yaitu vaksin distemper, hepatitis, leptospira, parvovirus, parainfluenza dan rabies. Vaksin ini bersifat spesifik, artinya vaksin A hanya berguna untuk penyakit A dan tidak berguna untuk penyakit B. Contohnya, vaksin distemper hanya mampu melindungi anjing dari penyakit distemper dan tidak efektif untuk penyakit leptospira, demikian juga sebaliknya. Dalam satu ampul vaksin dapat berisi satu jenis vaksin atau bisa juga dalam bentuk gabungan jenis vaksin.
Para dokter hewan, setelah melakukan vaksinasi akan membuatkan registrasi dan catatan untuk vaksinasi berikutnya. Ini berguna agar pemilik anjing mengetahui jadwal vaksinasi selanjutnya. Vaksin untuk anjing ini harus berkelanjutan, hal ini berhubungan dengan titer kekebalan dalam sel agar tetap pada titik aman untuk melindungi diri dari serangan virus. Berkaitan dengan itu semua maka para pemilik anjing perlu mengetahui jadwal pemberian vaksin agar anjing-anjingnya sehat dan terhindar dari serangan virus distemper, leptospira, hepatitis, parvovirus dan rabies.

Berikut adalah jadwal vaksin untuk anjing :
Anjing dapat dilakukan vaksin yang pertama / awal pada saat umur 6 minggu atau 1,5 bulan. Vaksin anjing yang pertama ini adalah vaksin distemper, parvovirus, parainfluenza, dan hepatitis.
Setelah itu 2 minggu kemudian atau pada saat umur anjing 8 minggu / 2 bulan, vaksin yang kedua di suntikan dengan mengunakan vaksin yang sama yaitu distemper, parvovirus, parainfluenza, dan hepatitis.
Dan yang terakhir pada saat anjing umur 12 minggu atau 3 bulan, dilakukan vaksin yang ke tiga dengan vaksin yang sama (distemper, parvovirus, parainfluenza, hepatitis) ditambah vaksin rabies. 
Untuk boster atau vaksin ulangan dapat dilakukan setiap tahun sekali dengan mengulang vaksin lengkap.

Syarat Anjing Sebelum Vaksin
Sebelum kita melakukan vaksin pada anjing maka sebelum itu, anda harus memperhatikan status kesehatan anjing harus benar-benar sehat, tidak sakit dan kemudian umur anjing harus sudah berumur minimal 1,5 bulan. Khusus untuk vaksin rabies, umur anjing harus berumur minimal 3 bulan tidak boleh kurang dari 3 bulan tersebut.
Demikian syarat dan jadwal vaksin untuk anjing, semoga dapat membantu. Trims.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger